Sejarah

Pada tahun 2002 diprakarsai oleh Heru Nurwarsito dkk, Jurusan Teknik Elektro membuka Konsentrasi Informatika dan Komputer (paket E) yang akhirnya menjadi cikal bakal Prodi Teknik Perangkat Lunak. Kemudian pada tahun 2005, Jurusan Teknik Elektro membuat Tim yang diketuai oleh Heru Nurwarsito, Sekretaris Arief Andy Soeboto dengan anggota tim terdiri dari Primantara, Herman Tolle, Suprapto untuk membuat proposal pengajuan Prodi Informatika ke DIKTI. Akhirnya pada tahun 2007 ijin penyelenggaraan dari Dikti nomor 1575/D/T/2007 turun, dengan nama Program Studi Teknik Perangkat Lunak jenjang program Sarjana (S1), maka penerimaan mahasiswa baru dibuka dan menerima 45 mahasiswa pada angkatan pertama. Proses penyelenggaran pendidikan dilakukan di Jurusan Teknik Elektro.

Pada tahun 2009 dipilih Ketua Program Studi yang pertama adalah Ir. Sutrisno, MT dimana Program Studi berada di bawah Fakultas Teknik. Pada tahun 2009 ijin perpanjangan penyelenggaraan dari Dikti nomor 3355/D/T/K-N/2009 turun dengan perubahan nama Informatika dengan masa berlaku sampai tanggal 31 Agustus 2013. Pada tahun tersebut Program Studi Informatika / Ilmu Komputer terbagi menjadi 2 konsentrasi yaitu konsentrasi Teknik Informatika dan Sistem Komputer. Namun pada tahun 2011 konsentrasi Sistem Komputer memisahkan diri dari Program Studi Informatika/Ilmu Komputer menjadi Program Studi Sistem Komputer sampai sekarang dengan berbagai perubahan menjadi Program Studi Teknik Komputer. Sehingga Program Studi Teknik Informatika leluasa untuk berkembang dengan berbagai konsentrasi atau disebut juga keminatan.

Dengan adanya pembentukan Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (PTIIK-UB) berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Brawijaya nomor 516/SK/2011 tanggal 27 Oktober 2011, Program Studi Informatika dan Ilmu Komputer berada di bawah PTIIK dengan nama Program Studi Informatika / Ilmu Komputer. Pada tahun 2015 berdasarkan Organisasi dan Tata Kelola (OTK) Universitas Brawijaya terbaru yang disahkan melalui Permenristekdikti No.4 Tahun 2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Universitas Brawijaya dan Peraturan Rektor Universitas Brawijaya No.20 Tahun 2016 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja. PTIIK berubah menjadi Fakultas Ilmu Komputer dengan memiliki 2 (dua) Jurusan, yaitu Jurusan Teknik Informatika dan Jurusan Sistem Informasi. Program Studi Teknik Informatika berada dibawah Jurusan Teknik Informatika beserta dengan dua program studi lain (Teknik Komputer dan Magister Ilmu Komputer).

 

Share