Alumni

Program Studi Informatika/Ilmu Komputer melakukan upaya untuk tracer study secara intensif kepada para lulusan dengan metode langsung. Pada awalnya bagian kemahasiswaan dan menghubungi lulusan secara periodik setiap 3 bulan sekali untuk mendapatkan informasi apakah lulusan telah bekerja atau belum. Kemudian apabila lulusan telah bekerja maka ditanyakan beberapa hal mengenai pekerjaannya, seperti nama perusahaan, alamat perusahaan, posisi pekerjaan dan lain-lain. Setelah itu bagian kemahasiswaan dan alumni menghubungi perusahaan yang bersangkutan untuk melakukan pelacakan tentang kinerja lulusan terhadap perusahaan. Bagian kemahasiswaan secara berkala dan terus-menerus melakukan stracer studi walaupun alumni telah bekerja secara berkelanjutan setiap setahun sekali. Dari hasil penelusuran tersebut pihak kemahasiswaan melaporkan kepada ketua program studi untuk ditindaklanjuti. Ada beberapa rencana tindaklanjut sesuai poin-poin umpan balik yang diberikan perusahaan kepada program studi dapat dilihat pada tabel dibawah ini. Penggunaan hasil pelacakan digunakan untuk perbaikan sebagai berikut:

  1. Proses pembelajaran

Mengumpulkan informasi dan masukan yang relevan dari lulusan terkait dengan pembelajaran dan pengalaman yang dialami oleh alumni guna perbaikan dan pengembangan kurikulum sesuai dengan kebutuhan stakeholder.

  1. Penggalangan dana

Dalam hal penggalangan dana, alumni informatika/ilmu komputer UB memiliki mekanisme penggalangan dana untuk beberapa kegiatan seperti bakti sosial dan acara temu alumni yang dilaksanakan setiap tahun.

  1. Informasi pekerjaan

Alumni Informatika/Ilmu komputer senantiasa memberikan informasi lowongan pekerjaan melalui milis. Informasi ini disampaikan dengan memberikan informasi perusahaan, tempat kerja dan posisi yang akan ditempati

  1. Membangun jejaring

Membangun jejaring yang ada dan tetap menjaga dan memelihara hubungan baik antar alumni sehinnga mampu memberikan nilai positif dalam kemajuan program studi

Share