kultam-abundent-1
13:49

Kuliah Tamu Generate Machine Learning & IoT Bersama Abundent Sdn. Bhd.

kultam-abundent-2Jurusan Teknik Informatika (JTIF) Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) menyelenggarakan Kuliah Tamu bertajuk Generate Machine Learning and Internet of Things (IoT) into Your Succesful Business bersama Tarun Sukhani, CTO Abundent Sdn. Bhd. dari Malaysia pada Minggu (8/7). Bertempat di Ruang Multimedia gedung F lantai 12, kegiatan ini dihadiri kurang lebih 200 peserta baik dari civitas akademika FILKOM UB maupun peserta umum. Diawali dengan sambutan ketua panitia, dalam acara ini juga dilakukan penandatanganan MoU kerjasama antara FILKOM UB dengan Abundent Sdn. Bhd. yang diwakili Dinar Hana Sadriyantien Wahyuni, M.T. selaku CEO Abundent Sdn. Bhd. Dalam sambutannya, Rakhmadany Primananda S.T., M.T menyampaikan akan keterkaitan Machine Learning dan IoT dalam rangka mendukung terwujudnya Revolusi Industri 4.0. Revolusi tersebut memiliki tren terkini dalam otomatisasi dan pertukaran data di bidang industri TI. Diharapkan dengan adanya kuliah tamu ini menjadi awal bagi FILKOM UB dan Abundent untuk melakukan kerjasama riset yang dapat mendukung tercapainya revolusi industri 4.0.

Kegiatan ini terbagi dalam 2 sesi, pada sesi pertama dengan dimoderatori oleh Yuita Arum Sari, S.Kom., M.Kom. Tarun Sukhani yang merupakan lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) menyampaikan tentang studi kasus terkait dengan pengenalan pola pada wajah yang digunakan untuk keperluan rekap kehadiran pegawai pada sebuah kantor. Pengenalan pola pada wajah tersebut menggunakan perpaduan dua keilmuan terkait Machine Learning dan IoT. Machine Learning dalam pengenalan wajah mengandung analisis pola yang dapat diambil dari beberapa gambar pegawai dari kamera smartphone. Dari pola tersebut dibuat sebuah algoritme yang bisa diterapkan dan dianalisis dengan menggunakan komputer. Tujuan dari penggabungan konsep Machine Learning dan IoT dalam pengenalan wajah  untuk membuat atau mengenali siapa pemilik wajah dalam persensi tersebut dan tahap lebih lanjut menganalisis algoritme agar menghasilkan sistem yang lebih baik.

kultam-abundentDilanjutkan sesi kedua dengan moderator Adhitya Bhawiyuga, S.Kom, M.Sc, Tarun Sukhani memaparkan mengenai apa itu Machine Learning. Machine Learning merupakan sebuah metode yang dipakai untuk membekali komputer dengan kemampuan belajar dari data bukan dari instruksi yang secara eksplisit dituliskan ke komputer. Terdapat beberapa metode Machine Learning antara lain supervised learning, unsupervised learning dan reinforcement learning. Supervised learning bertujuan untuk melakukan prediksi dan mencari informasi berharga dari sebuah data. Hasil prediksinya sendiri dapat berupa nilai diskrit maupun nilai kontinyu. Salah satu permasalahan yang muncul dalam supervised learning adalah permasalahan overfitting. Permasalahan ini mengakibatkan model klasifikasi seolah-olah mempunyai akurasi tinggi, namun ketika diterapkan dengan data yang lain, akurasinya menjadi menurun drastis. Untuk mengatasi hal ini, diperlukan mekanisme cross validation terhadap model dan data yang diberikan. Tidak hanya memberikan paparan, Tarun juga mempraktikan langsung demo program dari penerapan Machine Learning menggunakan bahasa Phyton.

Di akhir kegiatan, JTIF FILKOM UB dan Abundent duduk bersama membahas penjajakan kerjasama yang lebih mendalam. Diharapkan dengan adanya kuliah tamu yang lebih intens diselenggarakan oleh Fakultas ataupun Jurusan baik dari institusi pendidikan nasional/internasional dan juga dari perusahaan IT untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan di bidang IT dan dapat menjalin kerjasama /kolaborasi riset yang bermanfaat.

kultam-abundent-3

Share